KONTROVERSI MASUK SEKOLAH JAM 5 PAGI DI KUPANG

 


QQ289 - Viral video soal masuk sekolah jam 5 pagi di NTT (Nusa Tenggara Timur). Dalam video viral itu Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat meminta agar aktivitas sekolah khusus bagi siswa SMA dan SMK di Kupang, NTT dimulai sejak pukul 05.00 WITA.

Pernyataan Gubernur Viktor itu disampaikan dalam pertemuan dengan sejumlah guru serta kepala SMA dan SMK di Kota Kupang pada Rabu (23/2). 

"Anak itu harus dibiasakan bangun pukul 04.00 WITA sehingga pukul 04.30 WITA mereka sudah harus jalan ke sekolah sehingga pukul 05.00 WITA sudah harus di sekolah supaya apa, ikut etos kerja," ujar Viktor .

"SMP nggak boleh, kalau SMA dia tidur, mulai tidur pukul 10.00 WITA jadi pukul 04.00 dia sudah harus bangun, cukup tidur enam jam. Mandi setengah jam, setengah jam perjalanan, di kota ini tidak jauh, 30 menit sudah sampai sekolah, pukul 05.00," tambahnya sambil menghitung jari tangannya.

Hal itu disampaikan gubernur saat berkunjung ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) NTT. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi pun membenarkan penerapan aturan masuk sekolah jam 5 pagi di NTT tersebut

Terkait aturan masuk sekolah jam 5 pagi di Kota Kupang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi buka suara soal alasannya. Dia mengatakan aturan tersebut dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang layak.

Linus menyebut kebijakan masuk sekolah lebih pagi bertujuan untuk melatih karakter agar siswa-siswi SMA/SMK. Linus berharap para murid semakin disiplin dalam belajar. Ini demi membangun sumber daya manusia di NTT.

Meski telah diinstruksikan, aturan masuk sekolah jam 5 pagi di NTT ini masih belum diterapkan secara menyeluruh. Belum semua sekolah di NTT mendapat instruksi. Aturan tersebut baru diterapkan di beberapa SMA/SMK di Kota Kupang.

Linus pun membeberkan, saat ini baru 10 sekolah di Kota Kupang yang sudah menerapkan kebijakan masuk sekolah jam 05.00 pagi. Sekolah tersebut adalah sebagai berikut:

SMA Negeri 1 Kupang , SMA Negeri 2 Kupang , SMA Negeri 3 Kupang , SMA Negeri 5 Kupang , SMA Negeri 6 Kupang , SMK Negeri 1 Kupang , SMK Negeri 2 Kupang , SMK Negeri 3 Kupang , SMK Negeri 4 Kupang , dan SMK Negeri 5 Kupang

Baca Juga : QQ289 Slot Mantap Bonus Member Baru 100%


Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda mengkritik aturan masuk sekolah jam 5 pagi di NTT. Huda menilai aturan itu merugikan siswa dan orang tua. Dia meminta agar baiknya aturan yang dikeluarkan itu harus berdasarkan kajian matang dan meminta kajian dari Kemendikbudristek.

Huda mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya, belum ada kajian akademis dari kebijakan tersebut. Gubernur NTT hanya menyampaikan ke kepala dinas pendidikan dan para kepala sekolah secara lisan. Kebijakan itu juga disebut belum tersosialisasikan kepada para pemangku kepentingan pendidikan, baik tenaga kependidikan maupun para peserta didik.

Kata Huda upaya membangun disiplin tidak harus memaksa peserta didik memulai pembelajaran di sekolah sejak pukul 5 pagi. Menurutnya saat sekolah dimulai pukul 5 pagi, maka siswa harus bersiap setidaknya sejak pukul 4 pagi. Dia lantas menyoroti keamanan siswa dan kondisi transportasi.

"Apakah sudah dikaji keamanan siswa atau siswi saat perjalanan ke sekolah. Apakah sudah tersedia angkutan yang aman. Sebab jumlah sekolah SMA/SMK relatif tidak sebanyak sekolah dasar sehingga pasti akan menyulitkan para peserta didik," katanya dalam keterangan tertulisnya, pada Selasa (28/2).

Huda tidak memahami relevansi masuk sekolah jam 5 pagi di NTT dengan upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Menurutnya kualitas pembelajaran lebih ditentukan pada kualitas pendidik, ketersediaan sarana prasarana pendidikan yang memadai, hingga dukungan orang tua siswa.





Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BONUS NEW MEMBER 100%

BONUS NEW MEMBER 100%
Mau Bonus 100%?? depo 50rb dapat nya 100rb?? gampang cukup Daftar di QQ289, klik link yang ada di gambar dan rasakan Sensasi Gacornya...

Deposit Lebih Mudah Dengan E-Wallet